Minggu, 27 September 2015

Tutorial dasar pemula Phonegap

Pengertian dan Penjelasan Tentang Apa itu Phonegap.?


Assalamualaikum rekan rekan sekalian.. gimana kabarnya pagi ini..? kita berharap semoga kita semua selalu dalam keadaan yang selalu sehat dan bahagian dan tentu saja dengan semangat yang berlipat ganda dari hari sebelumnya. Pagi ini saya akan membuat sebuah artikel tentang Phonegap, karena saya cari diinternet sangat sedikit penjelasan tentang phonegap yang berbahasa indonesia. Saya harap penjelasan singkat tentang phonegap ini dapat membantu para blogger dan rekan rekan sekalian untuk belajar framework yang satu ini.
OK kita mulai, Kalau biasanya kita membuat aplikasi android dengan bahasa pemograman JAVA, blackbery juga dengan Java, Iphone dengan Basic C dan tentu saja windows phone dengan C#. sekarang pertanyaannya bagaimana kalau kita tidak terlalu familiar dengan bahasa bahasa tersebut karena tiap hari kita hanya berkecimpung dengan pemograman Web Base. Nah untuk itu sekarang sudah ada solusinya yaitu sebuah frame work yang memamfaatkan HTML5, JQUERY, JQUERY MOBILE dan CSS3 untuk membuat sebuah aplikasi pada smartphone baik Android, Blackberry, Iphone ataupun WIndows Phone yaitu PHONEGAP FRAMEWORK.
jadi  PhoneGap adalah sebuah kerangka kerja/framework open source yang dipakai untuk membuat aplikasi cross-platform mobile dengan HTML5, CSS, dan JavaScript. PhoneGap menjadi suatu solusi yang ideal untuk seorang web developer yang tertarik dalam pembuatan aplikasi di smartphone. dengan framework phonegap kita hanya melakukan satu kali coding lansung bisa di compile kesemua platform sekaligus.
Cara Kerja PhoneGap
PhoneGap SDK menyediakan sebuah API, yaitu sebuah lapisan abstrak yang menyediakan pengembang dengan akses ke fitur hardware dan platform tertentu. PhoneGap menjelaskan bahwa dengan kode yang sama dapat digunakan pada sejumlah platform mobile dengan sedikit perubahan koding ataupun tidak, yang membuat aplikasi kita dapat dipakai untuk kalangan pengguna yang lebih luas.
Berikut Platform platform yang sudah mendapat dukungan dari PHONEGAP:

sekilan dulu penjelasan singkat dari saya untuk contoh programnya saya akan berikan pada artikel berikutnnya.
Jangan lupa pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar.

"""""""""  Keep Coding and Happy Today""""""""""""""


source : http://pincuran.com/index.php/78-pemograman-android/90-pengertian-dan-penjelasan-apa-itu-phonegap

0 komentar:

Posting Komentar